Cerita CPNS 2021 part 1

 Salam semuanya, langsung aja, kali ini aku ma share cerita tahun lalu waktu aku daftar CPNS 2021. Aku bagi beberapa poin biar lebih gampang dipahami, lesgooo

1. Pemilihan Formasi 

Pertama, yang paling penting tu adalah rajin rajin cari info, gak sembarang info ya tapi, harus info yang akurat, waktu awal awal baru ada isu pembukaan CPNS, aku udah mulai follow akun ig bkn @bkngoidofficial sama beberapa akun informasi cpns, tapi yang paling rekomen dari beberapa akun informasi cpns itu @cpnsindonesia , info grafiknya bagus bagus, jadi mudah dibaca. kalo ig bkn lebih ke peraturan peraturan resmi dan info berita hoax. 

Nah, untuk info formasi yang dibuka, lebih update di telegram, aku join channel https://t.me/formasicasn2021 , channelnya update formasi hampir semua instansi, dari info disitu kita bisa catet catet tu formasi yang sesuai jurusan kita dibuka dimana aja dan berapa yang dibutuhin, karena kemarin ak cuma nargetin cari yang deket rumah, jadi aku cuma liat liat formasi sekitar jawa tengah aja, aku urutin dari jawa tengah paling utara sampe paling selatan kulihat satu satu, yang sekiranya formasi jurusanku (S1 akuntansi) yang nanti diterima lebih dari satu, terus kucatet di hp. Karena aku dari jurusan S1 akuntansi yang cukup banyak pembukaan formasinya, jadi aku lebih kerucutin lagi ke kabupaten kabupaten yang peluang diterimanya lebih banyak. Waktu itu aku kerucutin jadi lima kabupaten, abis itu aku konsultasiin ke keluarga,terutama orang tua, dan ya, akhirnya keputusan pilih formasi mana dan instansi apa berdasarkan hasil diskusi keluarga. Oiya, terus harus perhatikan banget banget yaa, jurusannya sesuai formasi yang dibutuhkan apa engga, nanti seiring waktu pembukaan formasi, setiap instansi juga bakal kasi contact person tu buat tanya tanya informasi, tapi jangan tanya yang udah jelas ada di pengumuman yaa, tanyakan yang bener bener belum ada di pengumuman, jadi harus baca dengan teliti pengumuman formasinya, nah jika jurusan kalian mirip mirip ni, tapi engga sama persis nama jurusannya sama yang dibutuhkan di formasi yang pengin kalian lamar, bisa ditanyain dulu ke cp instansi untuk memastikan, biar nanti gak menghambat di tahap selanjutnya. 

2. Tahap Administrasi

di tahap administrasi, nanti bkn bakal rilis kayak buku petunjuk gitu untuk pembuatan akun di web sscasn https://sscasn.bkn.go.id/ , walaupun misal tahun sebelumnya udah pernah daftar, nanti bakal di reset, harus bikin akun lagi dari awal. Habis bikin akun, nnti ada rentang waktu kurang lebih satu bulan untuk melakukan tahap administrasi, di tahap administrasipun bakal ada buku petunjuknya, kalian cari aja di google BUKU PENDAFTARAN SELEKSI CPNS 2021, aku waktu itu baca dulu buku petunjuknya, biar pas buka web nya engga bingung, kalian bisa baca dulu, kemungkinana setiap tahun engga ada perubahan yang signifikan,  dokumen dokumen yang diperlukan aku catet biar engga ada yang ketinggalan, menurutku bukunya udah cukup banget untuk kasih petunjuk ngelakuin tahap administrasi. nah, sebagai tambahan, untuk ngeyakinin diri sendiri tu, aku cukup rajin baca grup telegram juga, biasanya tu banyak grup telegram penerimaan cpns masing masing instansi, nanti pada diskusi disitu, tapi yang perlu diingat engga usah overthinking, kalo misal kamu udah yakin dokumen dokumen lengkap, ngisinya sesuai dan engga ada yang terlewat, inshaa Allah aman, yang penting harus di teliti bener bener dulu. kadang, kekurangan liat grup telegram itu kita jadi overthinking karena menerima too much information, pokoknya harus pinter pinter milih informasi mana yanng kita pake dan percayai. Sebelum klik akhir pendaftaran, bakal ada resume tu data yang kita isi dari awal sampe akhir, waktu kita melakukan resume dan klik akiri pendaftaran, diusahakan sambil screen recording atau divideo, buat jaga jaga. Untuk output akhir dari tahap administrasi ini adalah Kartu Pendaftaran, kurang lebih gambarnya kayak gini


setelah dapet kartu pendaftaran, berati data kita udah masuk bkn, tinggal nunggu nanti ada pengumuman yang lolos tahap administrasi. Pengumumanya ada di web masing masing instansi yaa, bukan di BKN, contohnya kemarin aku pengumumannya ada di website kabupaten, kadang instansi lain juga ada yang kasih pengumuman di instagram instansi. 

persiapanku SKD, SKB, dan pemberkasan, bakal aku bahas di next part

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IPSAS (International Public Sector Accounting Standard), Akuntansi Sektor Publik, Pertemuan 1

Materi Uyunul Masaail Linnisa' (Cairan yang keluar dari farji)

Pengaturan Tampilan Lembar Kerja Pada Aplikasi Pengolah Angka